There is no slider selected or the slider was deleted.

Tidur Yang Baik Menurut Kesehatan

Tidur merupakan kegiatan terpenting bagi mahluk hidup yang mana ketika tidur kita akan mengistirahatkan organ tubuh yang telah lelah melakukan aktivitas harian. Dengan tidur kita dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang, dan tubuh menjadi segar kembali sehingga siap untuk menjalani aktivitas berikutnya. Hal ini bisaAnda peroleh apabila cara tidur yang Anda lakukan sudah benar. Jangan salah karena cara tidur yang salah malah membuat tubuh semakin merasa pegal-pegal dan terasa sakit di sekujur tubuh. Untuk itu di sini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai tidur yang baik menurut kesehatan, agar Anda dapat tidur dengan nyenyak, nyaman dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang sehingga tubuh menjadi segar kembali saat bangun dari tidur.

  1. Tidur dengan posisi miring ke arah kanan. Posisi ini sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan karena pada posisi ini akan memberikan keleluasaan untuk jantung dan juga aliran darah sehingga tidak akan mengganggu saat kita tidur. Namun posisi ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah miring ke kiri.
  2. Bangun tepat waktu. Seperti yang kita tahu bahwa orang dewasa umumnya membutuhkan jam istirahat sebanyak 7-8jam setiap malam. Apabila Anda tidur lebih dari itu atau mungkin kurang dari itu maka akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Terlalu banyak tidur maupun kekurangan tidur sama-sama akan menimbulkan berbagai macam penyakit.
  3. Gunakan perlengkapan tidur yang nyaman. Perlengkapan tidur yang nyaman seperti kasur, bantal, guling dan juga sprei sebagai alas akan membantu Anda untuk mempercepat proses tidur dan membantu tidur Anda menjadi nyenyak, selain itu juga menghindarkan dari gangguan tidur seperti terbangun pada tengah malam.
  4. Tidur dengan cahaya redup atau remang-remang. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh departemen kesehatan Amerika bahwa mereka yang tidur dengan cahaya yang temaram dapat bangun dengan keadaan tubuhnya lebih segar dan merasa puas.
  5. Hindari tidur terlalu larut. Para pria memiliki kebiasaan tidur terlalu larut hanya untuk menyaksikan acara kesayangannya seperti sepak bola. Apabila memiliki kebiasaan tersebut cobalah untuk beristirahat pada sore harinya dan bangunlah menjelang pertandingan di mulai. Ini dilakukan untuk menghindari bangun dengan tubuh yang lemas akibat kekurangan tidur.
  6. Mengatur suhu ruangan kamar. Suhu ruangan yang terlalu panas maupun terlalu dingin dapat mengganggu kenyamanan saat tidur. Solusinya adalah Anda bisa menggunakan penyejuk ruangan yang dapat mengatur suhu ruangan secara otomatis, yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan beragam kualitas dan harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *